Rabu, 18 Februari 2015

Ketindihan (Rep-repan)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh





   Semoga pagi ini semua dalam keberkahan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Saudara/iku pernah mengalami ketindihan saat tidur?
    Fenomena ketindihan (medis dan syariat). Sebagian kita pernah merasakan fenomena ketindihan. Ingin bangun tidur tapi tidak bisa, sulit bergerak dan ingin berteriak juga sulit. Belum lagi ditambah beberapa bayangan seram misalnya dikejar sesuatu yang menakutkan atau sedang ada yang mengancam jika kita tidak bergerak.
    Benarkah ini gangguan setan/jin ? atau ada logika yang bisa dicerna oleh akal? Berikut sedikit pembahasannya. Pandangan medis ketindihan ternyata ada penjelasannya secara medis. Ini yang disebut dengan istilah sleep paralysis atau kelumpuhan tidur.
   Ini bisa terjadi pada siapa saja dan diklaim bahwa semua orang pernah mengalaminya sekali atau dua kali. Dan yang perlu diketahui baik-baik bahwa sleep paralysis tidaklah berbahaya. Untuk mengetahui penyebabnya kita perlu tahu bahwa ketika tidur aktifitas otak mengalami dua hal berbeda, yang disebut tidur aktif atau REM (rapid eye movement) dan tidur non-REM.
   Non-REM selama tidur akan menghasilkan gerakkan selagi anda tidur, seperti berbicara dalam tidur atau berjalan ketika tidur. Sedangkan REM adalah fase tidur yang dalam dan bisa terjadi mimpi sleep paralysis terjadi ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum siap.
    Kita sadar tetapi tubuh belum bisa bergerak ditambah juga halusinasi bisa jadi karena mimpi dan faktor lainnya. Jangan khawatir sleep paralysis hanya terjadi sekitar 2-3 menit. Setelah itu otak dan tubuh akan aktif dan terhubung kembali.
   Sampai sekarang penyebab pasti sleep paralysis belum diketahui. Diduga sebabnya adalah kebiasaan tidur menghadap ke atas, pola tidur tak tentu (kurang tidur), stress, dan perubahan mendadak pada lingkungan atau lifestyle.
    Dari segi syariat bisakah karena gangguan setan? Bisa saja. Hal ini bisa juga kombinasi keduanya sebagaimana orang gila. Jika ia banyak masalah dan stress, ia bisa jadi gila jika dibiarkan dan bertumpuk.
   Orang yang seperti ini hati, iman dan jiwanya lemah sehingga gampang terpengaruh setan bahkan merasukinya. Demikian juga bahwa penyakit dan gangguan fisik bisa muncul karena sebab fisik atau gangguan dari setan sebagaimana tentang hadits ‘ ain (gangguan yang ditimbulkan dari pandangan yang tidak baik semisal hasad , pujian dan lain-lain)

   Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Bersabda,

ﺍﻟﻌﻴﻦ ﺣﻖُ ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﺷﻲﺀ ﺳﺎﺑﻖ ﺍﻟﻘﺪﺭ ﻟﺴﺒﻘﺘﻪ ﺍﻟﻌﻴﻦ
“Pengaruh ‘ain itu benar-benar ada, seandainya ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, ‘ainlah yang dapat melakukannya.” (HR. Muslim).
   Dan mimpi juga bisa berasal dari setan yaitu mimpi buruk dan mimpi yang bisa membuat pelakunya ketakutan atau merasa terganggu.
   Diriwayat oleh Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu ,

ﺍﻟﺮﺅﻳﺎ ﺛﻼﺙ ﺣﺪﻳﺚ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻭﺗﺨﻮﻳﻒ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻭﺑﺸﺮﻯ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ

“Mimpi itu ada tiga macam: [1]bisikan hati, [2]ditakuti-takuti setan, dan [3]kabar gembira dari Allah.” [1] Dalam lafadz riwayat Muslim,

ﺇِﺫَﺍ ﺍﻗْﺘَﺮَﺏَ ﺍﻟﺰَّﻣَﺎﻥُ ﻟَﻢْ ﺗَﻜَﺪْ ﺭُﺅْﻳَﺎ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻢِ ﺗَﻜْﺬِﺏُ ﻭَﺃَﺻْﺪَﻗُﻜُﻢْ ﺭُﺅْﻳَﺎ ﺃَﺻْﺪَﻗُﻜُﻢْ ﺣَﺪِﻳﺜًﺎ ﻭَﺭُﺅْﻳَﺎ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻢِ ﺟُﺰْﺀٌ ﻣِﻦْ ﺧَﻤْﺲٍ ﻭَﺃَﺭْﺑَﻌِﻴﻦَ ﺟُﺰْﺀًﺍ ﻣِﻦْ ﺍﻟﻨُّﺒُﻮَّﺓِ ﻭَﺍﻟﺮُّﺅْﻳَﺎ ﺛَﻠَﺎﺛَﺔٌ ﻓَﺮُﺅْﻳَﺎ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤَﺔِ ﺑُﺸْﺮَﻯ ﻣِﻦْ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺭُﺅْﻳَﺎ ﺗَﺤْﺰِﻳﻦٌ ﻣِﻦْ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥِ ﻭَﺭُﺅْﻳَﺎ ﻣِﻤَّﺎ ﻳُﺤَﺪِّﺙُ ﺍﻟْﻤَﺮْﺀُ ﻧَﻔْﺴَﻪُ ﻓَﺈِﻥْ ﺭَﺃَﻯ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﻣَﺎ ﻳَﻜْﺮَﻩُ ﻓَﻠْﻴَﻘُﻢْ ﻓَﻠْﻴُﺼَﻞِّ ﻭَﻟَﺎ ﻳُﺤَﺪِّﺙْ ﺑِﻬَﺎ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ

“Apabila hari kiamat telah dekat, maka jarang sekali mimpi seorang muslim yang tidak benar. Dan orang yang paling benar mimpinya di antara kalian adalah yang paling benar ucapannya. Mimpi seorang muslim adalah sebagian dari 45 macam nubuwwah (wahyu).
Mimpi itu ada tiga macam: (1) Mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah. (2) mimpi yang menakutkan atau menyedihkan, datangnya dari syetan. (3) dan mimpi yang timbul karena ilusi angan- angan, atau khayal seseorang.
    Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah, kemudian shalatlah, dan jangan menceritakannya kepada orang lain.”[2] Jadi mimpi ada tiga penyebabnya: 1.mimpi yang baik dari Allah 2.mimpi yang buruk dari syaithan 3.mimpi “bunga tidur” yaitu mimpi karena terbawa pikiran atau terkejut dengan suatu peristiwa atau ada sesutau yang terus menerus sedang dipikirkan.
    Cara mencegahnya kita lakukan adab-adab sebelum tidur yang sudah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berupa doa-doa sebelum tidur. Dan juga adab-adab ketika terbangun dari tidur karena mimpi buruk.
   Karena Allah yang menjaga kita selama kita tidur. Keadaan tidur memang membuat kita lalai sehingga beberapa ulama (sebagian pendapat) menjelaskan bahwa tidur adalah mati “kecil”. Sebagaimana dalam ayat. Firman Allah Ta’ala ,

ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻳَﺘَﻮَﻓَّﻰ ﺍﻟْﺄَﻧْﻔُﺲَ ﺣِﻴﻦَ ﻣَﻮْﺗِﻬَﺎ ﻭَﺍﻟَّﺘِﻲ ﻟَﻢْ ﺗَﻤُﺖْ ﻓِﻲ ﻣَﻨَﺎﻣِﻬَﺎ ﻓَﻴُﻤْﺴِﻚُ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﻗَﻀَﻰ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕَ ﻭَﻳُﺮْﺳِﻞُ ﺍﻟْﺄُﺧْﺮَﻯ ﺇِﻟَﻰ ﺃَﺟَﻞٍ ﻣُﺴَﻤًّﻰ ﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺫَﻟِﻚَ ﻟَﺂﻳَﺎﺕٍ ﻟِﻘَﻮْﻡٍ ﻳَﺘَﻔَﻜَّﺮُﻭﻥَ

  “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) ruh (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; Maka Dia tahanlah ruh (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan ruh yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.” (Az-Zumar : 42) 
Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma , berkata,

ﺃﻥ ﺃﺭﻭﺍﺡ ﺍﻷﺣﻴﺎﺀ ﻭﺍﻷﻣﻮﺍﺕ ﺗﻠﺘﻘﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻨﺎﻡ، ﻓﻴﺘﻌﺎﺭﻑ ﻣﺎ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻨﻬﺎ، ﻓﺈﺫﺍ ﺃﺭﺍﺩ ﺟﻤﻴﻌﻬﺎ ﺍﻟﺮﺟﻮﻉ ﺇﻟﻰ ﺃﺟﺴﺎﺩﻫﺎ ﺃﻣﺴﻚ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺭﻭﺍﺡ ﺍﻷﻣﻮﺍﺕ ﻋﻨﺪﻩ ﻭﺣﺒﺴﻬﺎ، ﻭﺃﺭﺳﻞ ﺃﺭﻭﺍﺡ ﺍﻷﺣﻴﺎﺀ ﺣﺘﻰ ﺗﺮﺟﻊ ﺇﻟﻰ ﺃﺟﺴﺎﺩﻫﺎ ﺇﻟﻰ ﺃﺟﻞ ﻣﺴﻤﻰ ﻭﺫﻟﻚ ﺇﻟﻰ ﺍﻧﻘﻀﺎﺀ ﻣﺪﺓ ﺣﻴﺎﺗﻬﺎ.

  “Sesungguhnya ruh orang yang hidup dan ruh orang mati bertemu dalam mimpi. Mereka saling mengenal sesuai yang Allah kehendaki. Ketika masing-masing hendak kembali ke jasadnya, Allah menahan ruh orang yang sudah mati di sisi- Nya, dan Allah melepaskan ruh orang yang masih hidup ke jasadnya, sampai batas waktu tertentu yaitu selama hidupnya.” Walau A'lam...

53 komentar:

  1. Terimakasih atas postingannya. sangat bermanfaat. :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Ibu saya prnah d saat tdur tpat jm stgh 1, dua sprti skarat tdak bsa nfas dan tersendat sendat nfas nya. Trus sya bngun kan tpi tdak lgsung sadar dan 10 mnt kmnudian sdar dgn keadaan nfas yg msih trsendat sndat .
    Yg saya tnya kan apakah itu reprepan atau ad gngguan jin ? Dan jika tidak ad yg membangunkan apa yg akn trjdi apakah brbhya atau tidak ? Mohon info.y krna sya trauma dan sya tkut mlihat ibu sya sprti itu lg
    Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja kak, kalau sepengalaman saya rep2an yg disebabkan oleh gangguan jin ditandai dengan sentuhan2 fisik saat tubuh tak bisa digerakkan seperti (ada yg memegang bagian tubuh, cekikan di leher, dada yg diinjak, gelitikan di badan bahkan MAAF hingga area sensitif di tubuh) dan biasanya juga dibarengi dengan suara2 yg aneh. Untuk cara mengatasinya bisa dengan baca doa dan berwudlu sebelum tidur, membersihkan tempat yg akan digunakan untuk istirahat, dan jika masih terganggu bisa dengan menggerkkan jempol kaki sebanyak-banyaknya dibarengi doa2 yg kita bisa (karena hanya bagian tubuh itu saja yg bisa kita gerakkan saat rep2an, insyaallah setelah bagian jempol lancar digerkkan maka bagian tubuh yg lain akan mulai mengikuti) bismillah semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. Waktu saya tidur, tiba2 kena reprepan, tapi yang saya alami beda, jadi saya melihat badan saya sendiri tidak gerak, tapi seakan saya ada dua badan, dan anggota badan yang 1 nya lagi itu seperti samar2 dan bisa menyentuh anggota badan yang tidak gerak itu. Apakah itu masuk dlm jenis reprepan? Trimksh.

      Hapus
    3. Tepat 1 jam yg lalu saya mengalami peristiwa itu...ada bayangan hitam yg menindih badan saya dan seakan2 saya sedang di setubuhi dari atas

      Hapus
  4. ALHAMDULILLAH..... TERIMA KASIH BANYAK, SANGAT BERMANFAAT

    BalasHapus
  5. Alhamdullillah insya allah bisa lebih berakal sehat lagi

    BalasHapus
  6. Alhamdulilah bermanfaat .. terimakasih

    BalasHapus
  7. saya suka tidur siang kadang keblabasan sampai waktu magrib.saya dulu menyepelekan hal itu,tidak lama kemudian saya sering rep repan,dirumah dan ditempat kerja.selalu hal yang mengerikan.seringnya saya baca2 surah/ayat kursi baru bisa terbangun,saya pikir2 kenapa jadi sering rep repan ternyata karna tidur waktu magrib,saya coba tidak tidur menjelang magrib,dengan pasang alarm sebagai pengingat setiap hari,,biarpun mata seperti berat sekali,tp alhamdulillah sekarang sudah mendingan.semoga pengalam saya bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saya seperti mba ya kejadian yg mba ceritakan sama dengan yg saya alami. Dan makasih atas sharingnya mba. Bermanfaat sekali buat sy. Saya tiap tidur siang pasti di rep.repi. tp dalam jangka waktu beberapa menit di rep2i lagi. Anehnya selalu tidur siang. Malahan kalo malam sy tidurnya puless banget

      Hapus
    2. Ini saya barusan kereprepan mba sama kaya gitu tidur siang yg sering padahal ngantuk bgt tp pas kaya baru tidur langsung reprepan. Udh baca surat2 pendek beberapa menit bangun dengan keadaan bener2 lemes dan msh sesak. Tp ngantuknya pake bgt malah pengen nutup lagi aja matanya. Pernah saya ikutin abis kereprepan kan ngantuk bgt sya tidurin lagi soalnya mata bener2 berat eh taunya bener malah kereprepan lagi. Udh aja saya langsung bangun alhamdulillah bisa ga begitu lama rep2an ke2nya. Ya allah gangguam bgt ini disaat badan bener2 lelah

      Hapus
    3. Bener itu saya juga kalo gak langsung bangun gitu tidur lagi pasti kereprepan lagi

      Hapus
  8. Assalamu'alaikum.
    saya mau tanya apakah rep repan bisa terjadi beberapa kali dengan jeda waktu kurang dari 1 menit??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru semalam terjadi saya merasa kena rep repan 2 kali dalam waktu singkat

      Hapus
    2. Iya bisa 2x kereprep dalam beberapa menit. Kereprep awal misalkan udh bangun pasti ngantuk lagi kalo kita bawa tidur dan pules lagi pasti kereprepan lagi untuk ke2 kalinya dalam selang waktu yg dekat. Kalo sya sih abis kereprepan yg pertama saya bangun dulu ambil kegiatan dulu apa kek duduk2 dulu selang 1 jam baru berani tidur lagi. Itupun kalo bisa wudhu dulu bagi yg islam. Kalo aku begitu biar ga kereprep lagi

      Hapus
    3. Kalau abis rep2.n d usahin jngan tdur dulu mbak d usahain selang 5menit . Smbil baca2

      Hapus
    4. Saya sampai 3x kalo ga langsung bangun

      Hapus
  9. Kalo saya beda,setiap tidur di waktu pagi (abis subuh) ,,malah kadang sampe liat bentuk2 yang serem.
    Tapi kalo di lawan pake doa pasti bangun,dan alhamdulillah sekarang sudah mendingan
    Tips nya,,wudu sebelum tidur,baca doa,tidur miring kanan,dzikir sampe bobo,
    percaya saat kita tidur itu allah yang jaga,,,jadi serahkan saja padaNya

    BalasHapus
  10. Setelah tips2 diatas bersihkan tempat tidur dan sapulah tempat tidur dg kain sembari mengucap takbir

    BalasHapus
  11. Terima kasih sangan menarik infonya.

    BalasHapus
  12. Di saat mau adzan subuh saya pngn tidur karena mata sudah berat. Lalu beberapa menit kemudian pikiran mulai aneh terus perut terasa sakit sekali kemudian serasa bisa melihat tubuh kita yg sedang tertidur tetapi perasaan sedang berusaha untuk bangun. Dengan pemandangan yg sangat gelap lalu ada sekilas cahaya terbang terbangan dan serasa ada yg menemani saya..
    Lalu saya paksakan untuk bangun alhamdulillah saya sadar kembali dan langsung turun menemui orang tua saya untuk menceritakanya..

    Kalau hal seperti itu di sebutnya apa gan??? Menurut temen sih reprepan

    BalasHapus
  13. Saya hampir setiap malam..saya tidurnya sllu jam 1..tp pas saya rep"n...semakin saya membaca doa..tp mlh tambh keceng...knapa ya...??mohon beri tau...trimakasihh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya .. Benar , semakin kita lawan dg doa justru semakin kencang ... Saya tidak setiap malam.. Tapi kasus cara prlawanannya sama kak.. Barusan daja saya mengalami lagi.

      Hapus
    2. Iya bener..saya juga pas reprepan di dalam mimpi saya baca doa..tapi malah bisikan di telinga saya makin keras suaranya..tapi alhamdulillah saya bisa terbangun

      Hapus
    3. Iya bener..saya juga pas reprepan di dalam mimpi saya baca doa..tapi malah bisikan di telinga saya makin keras suaranya..tapi alhamdulillah saya bisa terbangun

      Hapus
    4. Assalaam,,,,coba Terapy ruqiah gan....Insya 4JJI BERES.....

      Hapus
    5. Assalaam,,,,coba Terapy ruqiah gan....Insya 4JJI BERES.....

      Hapus
    6. Baca doa sambil mainin mata kak . Aq sering rep2.n ..

      Hapus
  14. Saya hampir setiap malam..saya tidurnya sllu jam 1..tp pas saya rep"n...semakin saya membaca doa..tp mlh tambh keceng...knapa ya...??mohon beri tau...trimakasihh...

    BalasHapus
  15. Saya hampir setiap malam..saya tidurnya sllu jam 1..tp pas saya rep"n...semakin saya membaca doa..tp mlh tambh keceng...knapa ya...??mohon beri tau...trimakasihh...

    BalasHapus
  16. Saya sering mengalami rep repan setiap tidur pagi pagi selepas sahur saya selalu mengalaminya, meskipun sebelumnya saya wudhu saya membaca doa tapi ttap saja mengalami ketindihan, tp pas barusan saya lihat di google ada doa untuk mengatasi ketindihan, trus saya baca dan saya tidur lagi, alhamdulillah saya engga kena reprepan lagi, biasanya kalo sudah ketindihan trs saya tidur lagi saya kena lagi reprepan, tp alhamdulillah setelah membaca doa itu saya tidak mengalaminya lagi

    BalasHapus
  17. Mantap sekali informasi nya
    Sangat bermanfaat bagi kita semua
    Semoga kita semua dilindungi oleh allah S.W.T

    BalasHapus
  18. Astafiruallah saya terkena reprepan saya tidak bisa mrrasakan tubuh saya mati lemas mau triak gabisa membuka mulut saja tidk bsa.tp stelah membaca surat an-nas lngsung saya bisa brontak.tp stelah itu saya bdan trasa sangat lemas sprti layak sadr dri koma.kpala saya puyeng dan pandangan saya rabun.

    Kejadian saya tpat jam 03:46 pg

    BalasHapus
  19. Alhamdullilah bermanfaat banget kak tdi aku mengalaminya..seperti orang gagu rasanya.. Sulit ngomong.. Saya lupa baca do*a😆 ya udh baca doa trus tdur lgi dech... Assallamuallaikum. Wr. Wb

    BalasHapus
  20. astagfirullah saya sering hampir setiap hari tepatnya tengah malam terjadi reprepan bisa 10x dalam 1 malam tolong bantu saya :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tips dari pengalaman saya tidur dengan lampu menyala dan mata mengarah ke lampu gan... Trus doa jangan lupa insaallah gak akan terjadi lagi...

      Hapus
  21. Kalau saya bicara yg kasar pas rep repan malah semakin kencang, cuma dengan doa dan tenaga baru bisa bangun, saya coba bangun pakai cara medis tidak bisa, cuma dengan doa baru bisa

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum
    Beberapa hari ini saya sering mengalami rep repan..
    Setiap kali dalam mimpi sya selalu baca ayat kursi tapi belum selsai baca malah bibir saya gabisa digerakan. Sampai teriak minta tolong pun gabisa. Seketika saya langsung melek hanya mata yg saya bisa buka. Mungkin selama ini saya ga pernah percaya adanya setan / jin yg ada dirumah saya. (karna saya kontrak dan ga pernah diganggu. Kalo pengontrak yg dulu katanya sering diganggu dan ternyata rumah yg saya tempati pernah ksong lama.
    Saya ga percaya karna sya ga pernah diganggu.. (rajin sholat dan ngaji)
    Mungkin akhir akhir ini saya jarang yasinin rumah dan sholat masih blentang blentong. Mohon masukannya

    BalasHapus
  23. Ka saya mau tanya apakah rep repan bisa terjadi berkali kali dalam 1 hari seperti yang saya alami. Singkat cerita saya tidur siang langsung kena rep repan terus ngga lana pindah kamar kena lagi dan selama 1 hari saya kena rep rep panan 4x saya kenapa ya

    BalasHapus
  24. Ka saya mau tanya apakah rep repan bisa terjadi berkali kali dalam 1 hari seperti yang saya alami. Singkat cerita saya tidur siang langsung kena rep repan terus ngga lana pindah kamar kena lagi dan selama 1 hari saya kena rep rep panan 4x saya kenapa ya

    BalasHapus
  25. Bismillah..
    Pada malam ini 2-12-2018 pukul 01:22 saya barusan mimpi rep rep sekitar 2-3 menit dan memang memang mengalami apa yang diceritakan diatas.
    Bahkan terjadi sampai dua kali,padahal aku sudah sadar dan membalikkan bantal(kata orang dulu)tapi belum juga saya mengambil posisi tidur mimpi rep rep langsung terjadi sampai saya tak mampu untuk mengendalikan diri,dan mimpi yang kedua cukup lama sampai dari mulutku keluar suara tidak karuan walaupun dalam hati saya sebenarnya doa ataupun surat-surat pendek yang saya hafal diucapkan.
    Karena aku sudah merasa kewalahan dengan mimpi itu akhirnya saya pasrah dan berdoa kepada Allah serta melemaskan tubuhku alhamdulillah akhirnya saya terbangun dan terlepas dari mimpi itu dan saya langsung buka artikel ini..wassalam.

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum...
    Sebelumnya terima kasih infonya sangat bermanfaat dan baru saja saya terbangun dari tidur karena mngalami "erep-erep" saya ketika tidur merasa sadar tapi semua bdn saya kaku dn tidak bisa di gerakan, selain itu saya jg melihat byangan" aneh hitam atau kdng putih masuk menembus kaca jendela kamar saya, dn saya mndengar suara-suara aneh sprti mndengung atau berisik tapu tdk jelas, yg paling mmbuat sya syok adalah erep-erep yg sya rasakan kali ini, selain hal hal yg sara alami demikian sya juga merasa ada yg masuk ke dlm tubuh saya ke bagian perut bawah sebelah kiri dn itu terasa banget ketika masuk nya, nah yg mau sya tanyakan apakah benar hal yg sya alami nyta atau skdr halusinasi?...
    Sya prnh mndengar dari acra2 dakwah sblmnya katanya jin bisa menguasai rahim2 wanita dn mnyebabkan susah untuk hamil, kbtulan sya di 5 thn prnikhan ini msh blm jg hamil, apakah yg sya alami ini ada kaitanya dgn erep2 yg masuk ke dlm perut bagian bwh sya?...
    Terima kasih��

    BalasHapus
  27. Barusan saja saya kena rep repan karna tidur saat mau maghrib , tapi mau tanya apa bayi juga bisa kena reprepan , karna begitu bangun saya khawatir dengan bayi saya yang tidur di samping saya lalu saya gerak"an badannya, tangannya tetap ga bangun jarang sekali anak saya tidur siang se lelap itu , lalu saya Baca alfatihah di telinganya sambil cium cium anak saya dan anak saya bangun lalu nangis dan dia menggerakan semua badannya smpai kaki lalu saya peluk dan matanya melihat sekeliling kamar hingga atas atas.

    BalasHapus